Thursday, January 3, 2013

Tips Tips Cara Belajar Efektif

Cara Belajar Efektif - Belajar mendadak menyambut ujian memanglah tidak efisien. Paling tidak sebulan sebelum ulangan yaitu periode ideal untuk mengulang pelajaran. materi yang banyak bukan menjadi masalah berat. Berikut ada sepuluh langkah pandai agar waktu studi kita jadi efisien.

1. Studi itu mengerti bukan hanya menghapal
Ya, manfaat utama mengapa kita mesti belajar yaitu memahami perihal baru. kita bisa hapal 100% seluruh detil pelajaran, namun yang lebih mutlak yaitu apakah kita telah tahu benar dengan seluruh materi yang dihapal itu. lantas sebelum saat menghapal, senantiasa upayakan untuk mengerti dulu garis besar materi pelajaran.

2. Membaca adalah kunci belajar
Agar kita dapat memahami, sekurang-kurangnya bacalah materi baru 2 x didalam 1 hari, yaitu sebelum saat serta setelah materi itu diterangkan oleh guru. Dikarenakan otak telah memproses materi tersebut sejumlah tiga kali lantas dapat dijamin akan tersimpan cukup lama di otak kita.

3. Mencatat pokok-pokok pelajaran
Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambillah intisari atau rangkuman dari tiap-tiap pelajaran yang telah dibaca lagi. Kalimat kunci inilah yang kelak bermanfaat waktu kita mengulang pelajaran sepanjang ujian.

4. Hapalkan kalimat kunci
Terkadang, mau tidak mau kita mesti menghapal materi pelajaran yang agak banyak. Sesungguhnya ini dapat diakali. Buat kalimat kunci dari tiap-tiap hapalan, agar gampang diingat pada waktu otak kita memanggilnya. contoh, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi yaitu mejikuhibiniu, berarti merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila serta ungu.

5. Tentukan waktu studi yang tepat
Waktu studi yang sangat enak yaitu pada saaat badan kita tetap fresh. Memanglah tidak seluruh orang mempunyai waktu studi enak yang sama. Namun umumnya, pagi hari yaitu waktu yang pas untuk berkonsentrasi penuh. Pakai sekarang ini untuk memproses materi-materi baru. Sisa-sisa energi dapat dipakai untuk mengulang pelajaran serta kerjakan pekerjaan rumah.

Cara Belajar Efektif

6. Bangun situasi studi yang nyaman
Banyak perihal yang dapat bikin situasi studi jadi nyaman. Kita dapat tentukan lagu yang cocok dengan mood kita. Area studi juga dapat kita cocokkan. Bila tengah jemu di kamar dapat di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sempat kegiatan studi kita mengganggu serta terganggu oleh pihak lain.

7. Bentuk grup belajar
Bila lagi jemu studi sendiri, dapat studi bareng dengan rekan. Tak perlu banyak-banyak dikarenakan tidak akan efisien, optimal lima orang. Bikin pembagian materi untuk dipelajari tiap-tiap orang. Lantas tiap-tiap orang dengan bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke semua bagian yang lain. Situasi studi layaknya ini umumnya seru serta kita dijamin bakalan sulit untuk mengantuk.

8. Latih sendiri kemampuan kita
Sesungguhnya kita dapat melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada tiap-tiap akhir bab pelajaran, umumnya senantiasa diberikan soal-soal latihan. Tanpa butuh menanti instruksi dari guru, cobalah jawab seluruh pertanyaan tersebut serta periksa sejauh mana kemampuan kita. Bila materi jawaban tak ada di buku, coba bertanya ke guru.

9. Kembangkan materi yang telah dipelajari
Bila kita telah mengulang materi serta menjawab seluruh masalah latihan, janganlah segera tutup buku. Coba kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buat sebagian pertanyaan yang belum diikutkan didalam masalah latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Bila belum senang, mencari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Langkah ini mengajak kita untuk senantiasa berpikir ke depan serta kritis.

10. Siapkan waktu untuk istirahat
Studi bisa kencang, namun janganlah lupa untuk istirahat. Bila di kelas, tiap-tiap jeda pelajaran pakai untuk melemaskan badan serta pikiran. Tiap-tiap 30-45 menit waktu studi kita di rumah senantiasa selingi dengan istirahat. Bila pikiran telah jemu, sia-sia saja memaksakan diri. Sesudah istirahat, badan jadi fresh serta otak pun siap terima materi baru.

Satu lagi, tujuan dari ulangan serta ujian yaitu mengukur sejauh mana kekuatan kita untuk mengerti materi pelajaran di sekolah. Tak hanya menjawab soal-soal latihan, ada langkah lain untuk mengetes apakah kita telah memahami satu materi atau belum. Cobalah kita terangkan dengan kalimat sendiri tiap-tiap materi yang telah dipelajari. Bila kita dapat menerangkan dengan jelas serta teratur, tidak butuh detil, berarti kita telah memahami.
OPOAE
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright 2013 Asiaatoddhours: Tips Tips Cara Belajar Efektif Template by Blogger | Publish on Blogger