Tuesday, January 31, 2012

Bumi dihargai Rp 42 juta triliun...!!


Ilmuwan menciptakan rumusan baru mengkalkulasi harga Bumi. Planet ketiga yang mengorbit di Matahari ini paling mahal di alam semesta dengan 3.000 triliun poundsterling (Rp 42 juta triliun). Astrofisikawan Greg Laughin menghitung harga suatu planet berdasarkan usia, ukuran, suhu, bobot dan statistik vital lainnya. Bumi dianggap sebagai planet termahal.


Mars bernilai 10 ribu poundsterling (Rp140 juta) sedangkan Venus hanya berharga satu sen. Di alam semesta, setidaknya terdapat 1.235 planet meskipun sebagian besar tidak diberi label harga yang tinggi karena iklim ekstrim di sana.


"Saya hanya berpikir konsep planet seperti Bumi yang memiliki zona siap huni memiliki definisi nilai yang samar. Karenanya, saya ingin membuat pengukuran yang menunjukkan apakah planet itu cukup bernilai tinggi sebagai media kehidupan," kata Laughlin seperti dikutip dari Daily Mail.Planet ekstrasurya Gilese 581 C yang dianggap sebagai planet paling mirip dengan Bumi berharga 100 poundsterling (Rp1,4 juta) sedangkan planet KOI 326,01 bernilai 150 ribu poundsterling (Rp2,1 miliar).

Semakin tua suatu objek di alam semesta, maka semakin bernilai karena memiliki kesempatan lebih berkembang dan bobot yang cukup. Selain itu, planet yang memiliki ukuran mirip Bumi dianggap bernilai karena berpotensi lebih tinggi untuk mendukung kehidupan.

"Rumusan ini membantu Anda menyadari betapa berharga Bumi dan saya berharap ini membantu kita menjadi masyarakat yang mampu menjaga apa yang kita miliki," kata Laughlin lagi.
[imagetag]

OPOAE

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright 2013 Asiaatoddhours: Bumi dihargai Rp 42 juta triliun...!! Template by Blogger | Publish on Blogger