Tuesday, January 31, 2012

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh

tumbuhan lidah buaya
tumbuhan lidah buaya
Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh - Sebelumnya saya pernah posting tentang manfaat lidah buaya, namun untuk menambah informasi tidak ada salahnya kalau kita bahas lagi dengan tambahan sumber lain . Lidah buaya merupakan tumbuhan asal dari Afrika yang memiliki nama latin Aloe Vera. Lidah buaya memang terkenal banyak manfaat dan khasiatnya, terutama bagi rambut, kulit, serta untuk kecantikan tubuh. Khasiat lidah buaya untuk pengobatan dan kecantikan sudah dikenal sejak zaman Mesir kuno ribuan tahun lalu. Ratu Cleopatra yang terkenal dengan kecantikannya dipercaya menggunakan tanaman ini agar tetap terlihat cantik.



Beberapa Bagian dari Lidah Buaya yang dapat dimanfaatkan :
Bagian pelapis daun dapat digunakan langsung untuk pemeliharaan kulit, baik secara manual maupun setelah diolah dalam bentuk ekstrak.

- Eksudat atau getah daun yang keluar bila daun dipotong bisa digunakan untuk pemeliharaan rambut dan penyembuhan luka. Keluhan bisul, sariawan, ruam, gigitan serangga, bahkan jerawat dan noda hitam di wajah dapat diobati cukup dengan mengoleskan lendir lidah buaya.

Gel atau bagian berlendir yang diperoleh dengan menyayat bagian dalam daun setelah eksudat dikeluarkan, bersifat mendinginkan dan menyamankan.

Manfaat Lidah Buaya untuk rambut:

Lidah buaya terkenal untuk membuat rambut menjadi lembut sehingga rambut menjadi indah. Mungkin manfaat ini sudah kita dengar sejak kecil, kita sering dianjurkan menggunakan lidah buaya agar rambut indah. Itulah sebabnya banyak shampo yang menggunakan ekstrak lidah buaya dalam produknya. Manfaat ini didapat dari kandungan glyco protein. Bila Anda memiliki tanaman ini di rumah, Anda dapat memanfaatkannya dengan cara mengupas kulitnya kemudian menggosokkan bagian dagingnya ke kulit kepala dan rambut agar rambut menjadi subur dan indah.

Manfaat Lidah Buaya untuk kelembapan kulit:

Lignin merupakan kandungan yang terdapat di dalam daun lidah buaya yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit sehingga kulit tidak menjadi kering dan terjaga elastisitasnya, juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya alergi kulit pada pemakainya. Ditambah dengan kandungan antrakuinon dan asam amino yang akan sangat berguna bagi kulit karena membantu kulit untuk segera memperbarui diri untuk menghasilkan sel-sel baru dan dapat menghilangkan sel kulit mati. Daging dari daun lidah buaya ini juga memiliki tingkat keasaman yang sama dengan yang dimiliki manusia dan mampu meresap dengan baik ke dalam tubuh juga memiliki kandungan saponin yang dapat berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur. Penggunaan secara teratur dapat membuat kulit Anda sehat dan tampak cantik berseri. Anda juga dapat memanfaatkan aloe vera sebagai masker wajah, karena juga mengandung antioksidan yang mencegah penuaan dini.

Efek dingin dari jelly lidah buaya dapat menjadi pertolongan pertama saat Anda menderita luka bakar atau tersiram air panas. Dapat pula dimanfaatkan untuk kulit yang perih akibat sengatan matahari yang berlebih. Cukup tempelkan daging lidah buaya pada daerah yang terluka. Rasa dingin yang dihasilkan dari lidah buaya akan membantu proses penyembuhan.

Manfaat Lidah Buaya untuk menghilangkan ketombe:

Kandungan yang terdapat pada lidah buaya serta manfaat/khasiat lidah buaya bisa untuk segala penyakit termasuk masalah ketombe. Lidah buaya kaya akan karbohidrat, vitamin mineral, ezim, hormon, dll, sedangkan untuk zat golongan obat. Antara lain antibiotik, antiseptik, antibakteri, dan lain lain.

Caranya: kupas daun lidah buaya sampai sisa bagian dalamnya yang berwarna transparan, lalu oleskan pada kepala sampai rata, Diamkan hingga 10 menit kemudian bersihkan dengan sampo lembut, manfaat lidah buaya tidak hanya untuk ketombe tapi juga bisa menyuburkan rambut dan membuat rambut sehat.



Sumber: kencantikankulit.blogspot

OPOAE

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright 2013 Asiaatoddhours: Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh Template by Blogger | Publish on Blogger