Monday, January 9, 2012

Cara-Cara Rileksasi | Latihan 1

Postingan kali ini adalah tentang cara melakukan relaksasi yang saya ambil dari sebuah buku yang berjudul "Bebas dari Stress dengan Rilaksasi dan Olahraga" karangan Dr. Amru Badran, setelah saya baca semuanya saya rasa bacaan tersebut sangat bermanfaat, dan saya harap dengan memposting artikel ini dapat berguna bagi siapapun yang membacanya.

Sasaran fokus dari latihan-latihan rileksasi adalah mendapatkan kesadaran yang biasanya tidak mudah didapatkan. Karena perasaan adalah perkara yang misterius/rumit dan tidak spesifik, dan sebagiannya tidak berada pada bagian-bagian tertentu dengan jelas. Namun dengan mempraktekkan latihan-latihan ini, perasaan akan jadi lebih jelas dan lebih terarah, khususnya jika dibarengi dengan latihan yang kontinyu. Berikut langsung saja latiha pertama relaksasi :

  1. Pilihlah sebuah tempat yang tengang, kemudian duduklah di atas kursi yang nyaman.
  2. Pejamkanlah kedua mata anda dan letakkanlah kedua tangan anda disamping, sementara kedua kaki anda dalam keadaan renggang.
  3. Ambillah nafas dalam-dalam. Tarik nafas yang dalam...lepaskan....tarik....lepaskan.
  4. Biarkan seluruh tubuh anda dalam keadaan rileks diatas kursi.
  5. Rilekskanlah otot-otot tubuh anda seluruhnya pada waktu menarik nafas. Kemudian tegangkanlah otot-otot kepala dan wajah, dan pada saat melepaskan nafass, biarkanlah otot-otot anda dalam keadaan rileks sendirinya.
  6. Ulangilah hal tersbut beberapa kali. Kemudian pilihlah otot-otot bahu dan leher. Bersama dengan tarikan nafas, angkatlah kedua bahu anda dan tegangkanlah otot-ototnya. Pada waktu mengeluarkan nafas, biarkanlah otot-otot ini rileks dengan sendirinya.
  7. Ulangilah hal tersebut beberapa kali. Kemudian pilihlah otot-otot perut dan tegangkanlah ototnya pada waktu menarik nafas. Setelah itu biarkanlah otot tersebut rileks dengan sendirinya pada waktu melepas nafas.
  8. Ulangilah hal tersebut beberapa kali. Kemudian pilihlah otot-otot dua tangan sekaligus  dan tegangkanlah keduanya pada waktu menarik nafas. Kemudian biarkanlahkeduanya rileks sendiri pada saat melepaskan nafas.
  9. ulangilah hal tersebut beberapa kali. Kemudian pilihlah otot-otot kedua betis dan kaki sekaligus. Kemudian tegangkanlah otot-otot tersebut pada waktu menarik nafas. Setelah itu biarkan otot-otot tersebut rileks dengan sendirinya pada waktu melepas nafas.
  10. Teruslah menarik dan melepas nafas yang panjang sambil membayangkan sebuah pemandangan indah yang anda sukai. Resapilah hal itu selama beberapa menit

~Selesai~


Untuk mendownload artikel diatas silahkan Klik DISINI
OPOAE

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright 2013 Asiaatoddhours: Cara-Cara Rileksasi | Latihan 1 Template by Blogger | Publish on Blogger