Wednesday, January 18, 2012

Inilah Manfaat dan Khasiat Wortel, Menakjubkan

Buah Wortel, Bukan Kelapa
Apakah agan-agan dan aganwati-aganwati menyukai Wortel? Kalau tidak, Insya Allah setelah membaca artikel ini kalian akan menggemari bahkan bisa cinta mati sama wortel. Kenapa? karena begitu banyak khasiat dan manfaat yang bisa diambil dari wortel ini. Usahakan wortel bisa menjadi makanan sehari-hari agan2 dan aganwati2 dari pada membeli snack yang lebih mahal dan lebih merusak tubuh manusia. Ayo kita lihat sedikit mengenai wortel : 

(Daucus carota) adalah tumbuhan jenis sayuran umbi yang biasanya berwarna jingga atau putih dengan tekstur serupa kayu. Diantara jenis sayur lainnya, wortel termasuk sayuran yang paling digemari banyak
orang, baik itu dewasa maupun anak – anak. Citarasanya yang manis dan teksturnya renyah, cocok sekali dijadikan hidangan yang menyehatkan. Jika anda tidak suka sayuran kesukaan kelinci ini, anda termasuk kelompok yang merugi. Sebab, anda banyak kehilangan manfaat yang diberikan wortel bagi kesehatan.


Konon, orang-orang Yunani dan Romawi yang pertama kali mempublikasikan manfaat wortel ini. Dan informasi mengenai manfaat wortel ini didapat dalam buku-buku mereka yang telah ditulis sejak 230 tahun sebelum masehi. Tamanan wortel tumbuh secara liar tersebar di kawasan kepulauan asia tengah, lalu bagian asia timur dan menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia dan yang paling pesat di jawa barat.

Berikut ini Khasiat Tanaman Wortel :

1. Mampu mencegah kanker.
Dibandingkan dengan sayuran lain, wortel paling banyak mengandung beta karoten, rata - rata 12.000 IU ; para ahli menganjurkan 15.000 - 25.000 IU perhari. Ini terkait kandungan tinggi beta karoten yang mampu mencegah penyakit kanker, karena sifat antioksidanya yang melawan kerja destruktif sel - sel kanker. Disamping itu beta karoten membantu sistem kekebalan tubuh yang menghasilkan "killer cell" alami.

2. Memperbaiki sistem pencernaan
Warna kuning/oranye dari wortel menunjukkan kandungan karotin. Jus wortel memiliki efek terhadap kesehatan. Minum jus wortel juga bagus untuk efek pembersihan liver dengan kandungan vitamin A yang ada dalam sayuran ini. Vitamin A mengurangi empedu dan lemak di dalam liver

3. Mencegah rabun senja dan Memperbaiki penglihatan
Karoten juga baik untuk kesehatan mata. Membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. Kekurangan vitamin A atau yang dikenal dalam istilah kedokteran sebagai vitaminosis A, dapat menyebabkan buta ayam atau rabun senja.

4. Menurunkan kolesterol darah
Didalam wortel juga terkandung pectin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Dengan adanya kandungan kalium dalam wortel, dapat membantu menetralkan asam dalam darah dan vitamin A membantu hati menghilangkan toksin didalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan, orang-orang yang mengkonsumsi wortel secara teratur, memiliki kemungkinan terkena kanker paru-paru lebih kecil, meskipun ia perokok. Hasil penelitian di Scotlandia pada tahun 1979 menunjukkan orang sehat yang makan 7 ons wortel mentah setiap hari, kadar kolesterol darahnya turun sampai 11%.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi
Kandungan mineral yang terdapat dalam wortel adalah kalium. Untuk mineral berfungsi menjaga keseimbangan air dalam tubuh dan membantu tekanan darah serta membantu menetralkan asam dalam darah.
cara mengatasi Mengatasi hipertensi:
Ambil 500 gr wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.

6. Mengkonsumsi wortel selama 3 minggu, dapat menurunkan resiko serangan jantung sekitar 22%. Mengkonsumsi wortel paling sedikit 5 kali seminggu dapat menurunkan resiko terkena stroke sebesar 68%. Bagi yang sudah terlanjur terkena stroke, vitamin A pada wortel dapat mencegah cacat pasca stroke. Dalam 100 gram wortel diketahui mengandung 12.000 S.I vitamin A.

7. Mengatasi luka bakar:
Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.

8. Mengatasi nyeri haid:
250 gr wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu lender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.

9. Mengatasi sembelit:
Ambil 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sdm air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya 2 kali sehari.

10. Menghaluskan wajah:
Ambil 2 – 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering. Bilas.

Untuk kandungannya :

Biji Wortel : mengandung flavonoid, minyak atsiri, termasuk asaron, pinen, limonen, asam tiglat, azaron, dan bisabol, meristisin yang berkhasiat memberikan efek aprodisiak.

Daun Wortel : mengandung paspirine suatu zat yang dapat merangsang kelenjar pituitary (kelenjar di bawah otak) yang memberikan perintah untuk melepaskan hormon seks. Zat-zat yang terdapat pada wortel sangat dibutuhkan dalam memicu fungsi kerja kelenjar endoktrin, khususnya kelenjar adrenalin dan kelenjar kelamin, juga berkhasiat menyuburkan sistem reproduksi.

Sedangkan umbi wortel kandungan nilai gizi dan kalori per 100 g bahan segar :
Kalori 42,00 kal, Protein 1,20 g, Lemak 0,30 g, Karbohidrat 9,30 g, Kalsium 39,00 mg, Fosfor 37,00 mg, Besi 0,80 mg, Natrium 32,00 mg, Serat 0,90 g, Abu 0,80 g, Vitamin A 12,000,00 si, Vitamin B-1 0,06 mg, Vitamin B-2 0,04 mg, Vitamin C 6,00 mg, Niacin 0,60 mg, Air 88,20 g. Sumber : Direktorat Gizi, Depkes RI (1981) dan Food and Nutrition Research Center Handbook No.1, Manila (1964) dalam Rahmat Rukmana (1995). Banyak sekali Bukan?
~Selesai~

OPOAE
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright 2013 Asiaatoddhours: Inilah Manfaat dan Khasiat Wortel, Menakjubkan Template by Blogger | Publish on Blogger